Jumat, 30 Desember 2011

I ♥ Rainbow




Pelangi. satu kata itu yang pasti aku cari setiap hujan berhenti, nggak tau kenapa sejak kecil emang aku suka ngeliat pelangi. kalo ada orang nanya "kenapa sih suka pelangi?" paling aku jawab "suka aja", karna aku emang nggak tau alesan kenapa aku suka pelangi. mungkin karna kalo pas ngeliat pelangi aku jadi bisa ngeliat sesuatu yang selama ini pengen aku liat atau nggak pernah aku liat, entahlah... yang aku tau cuma kalo pelangi itu menakjubkan! always. kendala para fans pelangi gini nih, pelangi itu susaaaaaahhh banget dicari. di kota-kota atau daerah yang notabene sering hujan pun belum tentu bisa terus ada pelangi sehabis hujan, dia juga butuh cahaya matahari secepatnya.



Ngomong-ngomong soal pelangi nggak lengkap kalo nggak ngomongin proses terbentuknya pelangi itu sendiri, karna emang pelangi itu nggak muncul tiba-tiba, dia muncul karna satu proses ilmiah...

Biasanya pelangi bisa dilihat di daerah pegunungan, ketika mendung atau ketika hujan baru berhenti turun. Pelangi merupakan satu-satunya gelombang elektromagnetik yang dapat kita lihat. Ia terdiri dari beberapa spektrum warna. Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda, dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama. Itulah sebabnya warna ungu terlihat paling bawah. Warna merah memiliki panjang gelombang paling besar, sedangkan ungu memiliki panjang gelombang terkecil.



Posisi kita harus berada diantara matahari dan tetesan air, dengan matahari dibelakang kita. Matahari, mata kita dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. penyebab mengapa pelangi melengkung yaitu kita harus melihat pelangi dari sudut sekitar 40 derajat, selain dari sudut ini pelangi tidak akan terlihat dengan baik. Oleh karena itu, pelangi terlihat melengkung di langit luas.

Cahaya Matahari adalah cahaya yang terdiri dari beberapa warna atau sering disebut Polikromatik. Cahaya yang bisa ditangkap oleh mata manusia tanpa alat bantu hanya 7 warna yaitu warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Warna-warna tersebut disebut juga dengan Cahaya Tampak.

Oke, pelangi emang salah satu kebesaran Allah SWT yang nggak bisa dibayar dengan apapun keindahannya, pelangi banyak jadi inspirasi setiap orang, pelangi juga ngebuat semua mata yang ngeliat jadi takjub, langit serasa damai dan indah. kapan-kapan aku bakal foto pelangi dari berbagai tempat dan aku posting disini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar