Senin, 02 Januari 2012

Speechless Berkepanjangan Akibat Riwayat di Facebook (!)

Kenapa judul postingan ini speechless berkepanjangan ??? karena emang gue lagi speechless! bukan sekedar speechless, juga ditambah galau. dari yang tadinya niat mau tidur pun langsung batal. well, gue cuma mau berbagi semacam "kekagetan" yang gue alami di subuh yang lembab -akibat habis hujan- ini.

Semalem, karna nggak bisa tidur gue mutusin buat ngelanjutin tugas kuliah, setelah semua materi tugas terkumpul dengan baik gue iseng buka akun-akun yang gue punya, salah satunya facebook! iya, facebook.


Trus gue iseng ngotak-atik tampilan facebook yang emang baru-baru ini bisa diupgrade manually. pas gue liat di sisi kiri profile (entah gara-gara gue nggak terlalu merhatiin sebelumnya atau emang tingkat kesimpatikan gue sama facebook emang terus-terusan berkurang) gue ngeliat ada jenjang tahun dari tahun kelahiran gue sampe sekarang. dengan polosnya gue yang bener-bener emang remaja polos nan lugu ini mengklik mulai dari jenjang tahun terbaru, setelah gue liat gue baru paham kalo itu nunjukkin aktifitas-aktifitas kita sebelumnya, gue sih awalnya fine, tanpa kecurigaan samasekali. dengan entengnya gue geser-geser tuh optical trackpad semakin ke bawah, tiba-tiba 2011 2010 dan *jeng jeng jeng* 2009!!!!!!!!! iyaaaa 2009!!!! setelah beberapa bait isinya gue perhatiin, gue mendadak galau. dimana rasa kepercayaan gue atas kredibilitas diri gue sendiri mendadak ciut atau bahkan lumpuh total. gue mendadak ragu ini yang gue buka facebook gue apa bukan. atau ini facebook bibik jamu yang numpang update status di laptop gue trus lupa sign out. atau memang sebegitu payahnya tingkat inteligency gue pada saat itu ??? kyaaaahh gue mendadak gundah gulana (sumpah ini bukan lebay! gue cuma lagi bener-bener ngerasain yang namanya unidentified feeling).

Gue perhatiin status, wall, dan komentar gue disana walaupun nggak sampe masuk kategori alay, tapi itu tuh cukup banget kalo pengen ngebuat gue nunduk-nunduk kalem pas ketemu temen-temen gue yang sering mampir ke facebook gue, aktifitas itu otomatis bisa diliat siapa aja temen facebook kita gays!!!! pingsan kan lo kalo jadi gue T.T masalahnya adalah status+wall di facebook gue itu masih nunjukkin banget sifat gue yang masih kekanak-kanakan waktu itu, oke yang ini masih bisa dimaklumi, kadangkala banyak orang-orang yang "agak" terlambat dewasa *apaan terlambat -_- nah yang nggak bisa diampuni itu soal status yang aneh+ajaib!!! bayangin gue ngebikin status-status tentang cinta-cintaan gays!!!! gaya-gayaan banget, padahal dari semua status cinta-cintaan itu nggak satupun yang gue ngerti artinya apa -____- ada lagi status tentang ocehan-ocehan pelajar macem gue soal sistem belajar, guru, tugas yang agak menyimpang sedikit. ada lagi yang sok-sok jagoan, waktu kesel sama salah satu temen langsung bikin status yang mendiskriminan. tulisan yang gue buat juga nggak kalah payah, meskipun tuh tulisan nggak sampe pake huruf besar-kecil dan nggak sampe gunain angka segala, tapi tetep menurut gue tulisan itu terlalu banyak kata-kata yang diulang, terlalu banyak titik koma dan terlalu bertele-tele, gue jamin guru Bahasa Indonesia gue sejak SD sampe sekarang bakal mencak-mencak nggak karuan kalo ngeliat tuh tulisan ajaib gue! :'( gue juga kalo ngomong sama temen di facebook udah kayak rumah sendiri, blak-blakan.

tapi positifnya gue (dibalik negatif selalu ada positif, man!) gue nggak pernah sekalipun ngomong yang jorok-jorok di facebook, nggak pernah berantem sampe adu bacot sama user facebook yang lain. gue orangnya cinta damai bray wkwk ;;) lagian gue dari kecil udah di didik bagus sama keluarga soal nggak boleh ngeluarin omongan-omongan yang bakal mancing dosa menari-nari di depan muka lo sampe akhirnya lo dapet satu tiket VIP menuju tempat paling menyiksa di akhirat, gue yakin lo tau tempat itu apa. bagi gue keren itu nggak harus yang gaya-gayaan ngomong jorok kok, kadang gue juga bingung sama kelakuan remaja jaman sekarang yang lagi hobi-hobinya minjem kata-kata jorok luar negeri, dia fikir itu keren. itu tuh sama aja lo nunjukkin ke dunia tentang karakter lo yang buruk, bray!.............. oke kenapa jadi bahas yang jorok-jorok gini -_- gue balik lagi ke keuntungan, keuntungan gue yang selanjutnya adalah masih untung tulisan gue nggak separah dan serumit tulisan 4L4Y. gue nggak gunain tulisan besar-kecil, gue juga nggak gunain angka ke dalam kalimat gue. yang lebih parahhh dari gue sih banyak sebenernya, mending gue, itu sekedar masa lalu yang udah lama banget. nah kalo lo suka perhatiin beranda, lo bakal nemuin makhluk-makhluk yang masih ngegunain tulisan 4L4Ynya, tentunya itu ngabuat mata sedikit sakit bahkan dalam sepersekian detik juling ngebaca tuh kalimat yang rumitnya bagaikan huruf aksara jawa kuno jaman Kerajaan Majapahit.

Terlepas dari itu semua gue masih bersyukur, seenggaknya itu cuma kekhawatiran gue doang, sebenernya masalahnya nggak serumit itu, banyak kok orang-orang yang jauh lebih mengkhawatirkan. bahkan tuh kebiasaan dibawa sampe sekarang. biarlah yang berlalu jadi kenangan dan pelajaran buat masa depan, hidup kan terus berjalan, lagian kata kebanyakan orang nggak seru kalo hidup lempeng-lempeng aja ;D

Kalo mau diliat dari perkembangan 4L4Y di Indonesia saat ini adalah cenderung random! kenapa random ??? karna emang mereka itu sebenernya cuma buta akan waktu dan situasi. kayak gue pernah ngutip dari kata-katanya bang alit (author Shitlicious. kalo pengen liat blognya yang gokil abis itu check list gue aja) nah bang alit bilang...
" alay itu adalah orang-orang gaul di waktu yang salah "
dan,
" semua orang pernah punya moment alaynya masing-masing"
Gue percaya kata-kata itu. yang gue tangkep dari omongan bang alit itu bukan soal tulisan besar-kecil + angka yang jadi masalah dan patokan. tapi lebih ke masa-masa dimana saat mereka lakuin aktifitas konyol itu, mereka nganggep itu tuh keren dan memang pada saat itu kebetulan lagi ngetrend, nah disaat beberapa tahun kemudian saat kondisinya udah beda, saat semua orang sudah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan, semuanya bakal jadi aneh. hal-hal yang dulu mereka lakuin dan mereka anggep keren bakal ngebuat diri mereka sendiri jadi malu dan heran. itu normal. nah, yang disebut alay pada masa kini adalah orang-orang yang nggak pernah (atau bahkan belum) ninggalin kebiasaan-kebiasaan lamanya itu. mereka-mereka ini................. (gue nggak ngerti mau ngomong apa gays, tolong bantu gue) umm, mungkin sistem alay itu ngebuat mereka nyaman banget sampe udah disindir sana-sini masih aja tetap begitu -_- tapi sudahlah, manusia punya pilihannya masing-masing, selama nggak saling usik yaa gak usah bener-bener dipermasalahin.

Mungkin ini aja ocehan gue di subuh hari yang lembab ini mengenai kegalauan dan ketidakpercayaan gue. yahhh walaupun ini ngebuat gue rasa-rasanya kepengen selalu nunduk-nunduk kalem, tapi beberapa akfititas facebook yang gue baca tadi ngebuat gue ngenang banyak banget masa-masa yang nggak bisa keulang lagi, gue jadi ngeliat facebook temen-temen lama gue, gue jadi sadar gue dulu kayak apa, dan pastinya gue terhibur sama kelakuan diri gue sendiri sodara sodara :D :D :D akhir kata...
"hidup emang harus liat ke depan karena masa depan adalah harapan untuk kehidupan yang lebih baik, tapi ada kalanya di sebuah perjalanan kita harus menoleh ke belakang buat mastiin apa aja hikmah yang bisa dipetik, kebaikan yang diambil dan keburukan yang ditinggalkan" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar